IMG-20200711-WA0009

Pelan Tapi Pasti, Misi Ketahanan Pangan Rumah Pangan Milenial Mulai Terjawab

Imm-Malang.org- Setelah melalui proses menanam dari bulan mei 2020, kegiatan Rumah Pangan Milenial (RPM) akhirnya menampakan hasil. Sabtu (11/7/2020) para pegiat Rumah Pangan Milenial memanen sayuran jenis kangkung dan sawi, yang hasilnya juga dibagikan ke warga sekitar yang membutuhkan.

Prosesnya di praktekan dengan metode menanam di pekarangan rumah, hidroponik, aquaponik, tabulampot dan  veltikultura. Para pegiat RPM memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah warga dan komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Malang.

Ridwan, kordinator RPM yang juga Mahasiswa Jurusan Pertanian di Universitas Muhammadiyah Malang mengatakan “Hasil ini baru awal, dari tujuan jangka panjang yang sudah disusun sebelumnya. Dorongan untuk kalangan aktivis muda agar melakukan kegiatan bertani demi kedaulatan pangan nasional akan tetap di kampanye kan. Mengingat kondisi negara saat ini yang serba tidak meyakinkan.” Tegasnya.

Hal senada di sampaikan juga oleh Arroyan, anggota RPM “Perkembangan teknologi juga kita terapkan dalam metode menanam saat ini, seperti irigasi tetes otomatis, pompa hidroponik, dan aerator” Dia melanjutkan “Situasi pandemi yang tak menentu kami sikapi dengan kegiatan produktif dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Yaitu kegiatan menanam ini” Ujarnya.

Terakhir, Ridwan juga menegaskan bahwa hasil awal yang di hasilkan tidak menjadi kepuasan sendiri. Karena masih banyak hal yang harus dilakukan kedepan. Seperti kampanye menyuarakan kondisi pangan di berbagai daerah dan mengajak kaum milenial untuk tidak gengsi melakukan praktek bertani. (gus)

 

 

 

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *