Pembekalan Volunter Dakwah - PC IMM Malang Raya

Pembekalan Volunter Dakwah, IMM Malang Siapkan Mubalig Muda

IMM-MALANG.ORG – Menjelang Ramadhan, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Malang Raya adakan pembekalan volunter dakwah di padepokan Hizbul Wathan, Malang, Sabtu sore (4/5).

Kegiatan ini merupakan persiapan para mubalig muda IMM untuk berdakwah selama Ramadhan. Dalam pebekalannya, peserta diberikan pemahaman seni dan strategi berdakwah di masyarakat.

Joko Susilo, pembicara dari Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang menyampaikan, dalam dakwah perlu memperhatikan cara menyampaikan pesan dengan baik.

“Karena dakwah kebanyakan adalah bil lisan (secara lisan) yang diperlukan adalah kemampuan menyampaikan agar pendengar dapat memahami, menghayati dan menjalankan,” ujarnya.

Selain itu dalam pesannya Joko memberikan arahan dalam berdakwah, bahwa para mubalig harus dapat memberikan kesan atas pesan yang disampaikan.

“Pesan yang disampaikan dengan baik akan berkesan, terlebih didukung dengan gestur saat menyampaikan untuk memperjelas. Jangan lupa juga dibarengi humor atau hal lain yang dapat suasana lebih cair,” tambahnya.

Sementara pembicara kedua Hendra Sukma Wijaya Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Dakwah Muhammadiyah (PDM) Kota Batu menjelaskan strategi dalam dakwah.

Hendra menuturkan, ada hal-hal yang harus dipahami oleh mubalig. Yakni, memahami lawan bicara, rancangan pembahasan, harus berdasar dengan ilmu.

Ia menambahkan “Sebagai mubalig harus kuat tauhid dan ilmunya. Kedua mau mengamalkan ilmu dan ketiga harus bersabar, itu kunci sebagai mubalig,” ungkapnya. (Fizh/Git)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *