Refleksi Hari HAM, IMM Raushan Fikr Khawatirkan Hak Pendidikan Warga Uighur.

IMM-MALANG.ORG – Sikapi Hari Hak Asasi Manusia (HAM), Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Raushan Fikr adakan diskusi. Agenda yang dilaksanakan di Hall Komisariat Raushan Fikr ini bertajuk “HAM dalam Konteks Pendidikan”(20/12).

Selain sebagai refleksi hari HAM, diksusi ini juga merupakan forum dalam menelaah konflik Internasional yang terjadi di Uighur, China.

Heri selaku Ketua Bidang Hikmah IMM Raushan Fikr mengatakan, diskusi semacam ini penting dilakukan. Hal tersebut untuk membaca dampak kasus HAM terhadap akses pendidikan karena konflik kemanusiaan tersebut.

“Saya menganggap kajian ini perlu dilakukan untuk membaca masalah hak pendidikan warga Uighur yang terimbas dari konflik tersebut” , imbuhnya.

Erfan Sugiantoro mantan Ketua Senat Universitas Muhammadiyah Malang sebagai penyaji menambahkan “banyak dijuampai persoalan pokok seperti hak pendidikan. Misal, kasus HAM yang terjadi di lingkungan pendidikan di dalam negeri, yakni soal akses pendidikan, guru honorer, dan pemukulan terhadap siswa baru-baru ini”.

HAM adalah hak dasar manusia yang harus dipenuhi. Ibarat bayi yang baru lahir, ia harus mendapatkan haknya untuk hidup. tambahnya (fit/git)

Share This Post

Leave a Reply